slot gacor slot dana Dusun Cawengkal : Krisis menjadi Tangis - SIAB Indonesia Dusun Cawengkal : Krisis menjadi Tangis - SIAB Indonesia

Dusun Cawengkal : Krisis menjadi Tangis

krisis air dusun cawengkal

Dusun Cawengkal

Dusun Cawengkal (Gambar 1) merupakan salah satu dusun Desa Kalinanas Kecamatan Wonosamodro Kabupaten Boyolali. Mayoritas penduduk Dusun Cawengkal berkerja sebagai petani. Namun, mata penceharian warga sebagai petani tidak berjalan dengan lancar ketika musim kemarau datang. Hal tersebut terjadi karena warga kesulitan untuk mendapatkan akses air ketika musim kemarau tiba.

Tidak hanya untuk kebutuhan irigasi sawah, bahkan kebutuhan air bersih sehari-hari untuk warga juga sulit terwujud karena kondisi sumber air warga keruh dan berkapur. Namun, terpaksa warga harus menggunakannya. Sistem pemantauan kualitas air juga tidak mendapatkan agenda rutin dari warga. Tanah yang kering dan tandus, serta akses menuju sumber mata air yang tidak mudah semakin menambah keresahan warga.

Program bantuan krisis air bersih dusun cawengkal
 Gambar 2. Program SIAB Indonesia X Dusun Cawengkal

Kondisi Air Warga Cawengkal

Sumber mata air yang miliki oleh warga, nyatanya belum bisa mencukupi kebutuhan air mereka. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya melakukan pengeboran sumur. Namun, setelah proses penggalian bukan hanya air yang mereka dapatkan, melainkan air yang bercampur dengan lumpur. Hal tersebut memicu beberapa NGO (Non-Government Organization) memberikan bantuan air bersih kepada warga melalui skema dropping air.

Selain bantuan tersebut, warga juga mendapatkan bantuan air bersih dari desa tetangga. Akan tetapi, warga tidak bisa mendapatkan air bersih yang berkelanjutan melalui metode tersebut, sehingga terkadang warga harus bersabar menunggu bantuan air bersih datang.

Selama ini, perangkat desa dan warga Dusun Cawengkal bersama-sama berusaha mengatasi permasalahan tersebut hingga bertemu dengan Tim SIAB Indonesia. SIAB Indonesia yang memiliki tujuan untuk memberikan akses air bersih pada Dusun Cawengkal bersama-sama dengan warga mencari sumber mata air baru.

Permasalahan air yang tinggi kadar zat kapur diatasi dengan menggunakan filter (alat untuk menyaring air). Upaya ini didukung dengan pemasangan SIAB Monitoring yang merupakan salah satu fitur SIAB Indonesa. Keberadaan SIAB Monitoring ini bertujuan untuk memastikan bahwa air yang telah melalui tahap filtrasi siap dan aman untuk digunakan. Berbagai tanggapan warga mengenai program SIAB Indonesia menunjukkan respon yang positif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PROMO KHUSUS SEPTEMBER 2022JANGAN MAU RUGI JUTAAN RUPIAH

Promo khusus September 2022.

" Cashback s/d Rp 1.000.000,- "

untuk pembelian di Bulan September 2022. Jangan mau rugi dengan kehilangan promo ini.

- your digital water solution -