slot gacor slot dana PR Workshop : Peningkatan Kualitas SDM dan Teknologi - SIAB Indonesia PR Workshop : Peningkatan Kualitas SDM dan Teknologi - SIAB Indonesia

PR Workshop : Peningkatan Kualitas SDM dan Teknologi

Workshop SDM dan teknologi SIAB Indonesia

Demi mewujudkan Sumber Daya Manusia internal yang mumpuni dan berkualitas, SIAB Indonesia telah melaksanakan beberapa kegiatan pengembangan. Salah satunya terwujud dengan melaksanakan kegiatan Workshop teknis untuk karyawan SIAB Indonesia. Workshop ditujukan untuk peningkatan kualitas karyawan dan pengembangan sistem teknologi SIAB Indonesia kedepannya. SIAB Indonesia berkerjasama dengan Research Group Hukum Administrasi Negara dan Energi Riset dari Fakultas Hukum di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ketua Research Group tersebut adalah Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M yang merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret sekaligus ketua peneliti Program Matching Fund Tahun 2021 dengan judul penelitian “Penguatan Hukum dan Digitalisasi Jaminan Baku Mutu Air dalam Pengelolaan Penyediaan Air Bersih Berbasis Internet Of Things (IoT) dan Artificial Intelligence.

Baca juga : Hubungan IoT dan Sensor : Rahasia dibalik automatization system


              Pembukaan Acara Workshop Sesi 1

Keberjalanan Acara Workshop

Workshop SIAB Indonesia dilakukan dalam dua sesi pada hari yang berbeda dan berlokasi di Hotel UNS Inn. Workshop berlangsung secara offline dengan menaati protokol kesehatan. Pada kondisi pandemi Covid-19 ini, SIAB Indonesia juga memberikan fasilitas kesehatan bagi karyawannya, yaitu tes SWAB Antigen. Seluruh peserta yang hadir memiliki hasil rapid test yang NEGATIF Covid-19 sehingga kegiatan Workshop dapat dimulai tanpa ada kendala.

Agenda sambutan oleh Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M (Dekan Fakultas Hukum UNS) dan Ratih Rachmatika (CEO SIAB Indonesia) mengawali workshop ini. Pada sambutan dan pembukaan acara berlangsung dengan lancar dan khidmat. Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M menyampaikan bahwa “Perkembangan zaman menuntut setiap sektor untuk bekerjasama, sepertihalnya SIAB Indonesia sebagai Start-Up dalam bidang teknologi IoT manajemen sistem yang memerlukan dukungan dari rekan-rekan hukum untuk bisa lebih dekat dengan pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah”.

                Suasana Kegiatan Workshop Sesi 1

Sambutan berikutnya dari Ratih Rachmatika, ST yang merupakan CEO dari SIAB Indonesia. Pada kesempatan ini, Beliau menyampaikan informasi mengenai SIAB Indonesia dan motivasi kepada karyawan baru untuk dapat meningkatkan kualitas diri kedepannya. Beliau menyampaikan bahwa, ”Semakin lama, tuntutan teknologi semakin meningkat. Oleh sebab itu, rekan-rekan harus terus semangat untuk melakukan pengembangan diri dan skill supaya bisa menghasilkan teknologi yang tak kalah kualitasnya dengan produk dari luar negeri”.

Workshop Sesi 1

Pada workshop ini juga dihadirkan pemateri yang tidak kalah menarik, Yuana Ayub Sunarya, S.T yang telah berpengalaman dalam bidang teknologi IoT baik dalam segi hardware ataupun software selama dua tahun lebih dan mantan CTO SIAB Indonesia. Pada kesempatan ini, beliau lebih memfokuskan pada pembahasan program yang bisa dijalankan untuk teknologi IoT, termasuk cara penyelesaian bisa terdapat permasalahan ketika program dilakukan. Peserta yang merupakan karyawan SIAB Indonesia mengikuti acara tersebut dengan antusias karena mereka medapatkan materi sekaligus praktek.

Penyerahan Kenang-Kenangan

Kegiatan praktek ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai produk SIAB Indonesia yang akan dirancang nantinya. Peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari dua orang. Kelompok ini kemudian memulai merangkaian komoponen yang ada sesuai dengan skematik yang telah diberikan. Para peserta sangat bersemangat dan melaksanakan instruksi yang diberikan dengan baik. Setelah perakitan selesai, kemudian dilakukan pengujian pada rangakian yang sudah dibuat. Vernanda yang merupakan salah satu peserta workshop tersebut menyampaikan bahwa, “Workshop ini sangat bermanfaat dan berisi pengenalan singkat tentang teknologi IoT, terutama yang dikembangkan oleh SIAB Indonesia. Narasumber pada workshop kali ini terbuka, sehingga kami tidak sungkan untuk bertanya ketika mengalami permasalahan ketika sesi praktek workshop tersebut”.

Praktek Program untuk Software

               Praktek Program untuk Hardware

Sesi tanya jawab pada workshop ini membahas mengenai kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang akan dijumpai ketika proses produksi masal. Pada sesi ini, antusiasme dari peserta semakin terlihat dengan banyaknya peserta yang bertanya dan mengemukakan pendapat. Topik yang ditanyakan juga beragam, mulai dari implementasi alat di lapangan, program yang digunakan hingga pengembangan alat kedepannya.

 Pendampingan Penyelesaian Trauble pada Program

Workshop Sesi 2

Workshop untuk sesi dua mengundang tim teknis lapangan dari SIAB Indonesia sebagai narasumber. Pada workshop kedua ini, karyawan SIAB Indonesia memberikan penjelasan mengenai tata cara pemasangan alat dan pengujian lapangan. Tim dari SIAB Indonesia juga menyampaikan beberapa hal yang pernah menjadi kendala dalam kegiatan-kegiatan implementasi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Metode penanganan untuk mengatasi kendala tersebut juga tidak luput dari materi pada sesi dua. Melalui workshop tersebut, tercetus langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dari permasalahan-permasalahan yang telah tersampaikan sebelumnya oleh tim teknis lapangan oleh SIAB Indonesia ketika proses implementasi.

                  Pembukaan Workshop Sesi 2
Doa bersama menjadi penutup kegiatan workshop SIAB Indonesia. Hal tersebut memiliki tujuan supaya materi yang telah dipelajari melalui dua workshop tersebut dapat bermanfaat dan memperlancar proses peningkatan kualitas karyawan dan pengembangan sistem teknologi SIAB Indonesia kedepannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PROMO KHUSUS SEPTEMBER 2022JANGAN MAU RUGI JUTAAN RUPIAH

Promo khusus September 2022.

" Cashback s/d Rp 1.000.000,- "

untuk pembelian di Bulan September 2022. Jangan mau rugi dengan kehilangan promo ini.

- your digital water solution -